Tuesday 24 December 2019

SCOPUS Pendidikan Jasmani dan Olahraga

SCOPUS - Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Saat ini scopus telah menjadi sebagai ukuran reputasi intelektual. Bagi dosen memiliki jurnal atau artikel ilmiah publikasi internasional yang terindeks Scopus dan sebagainya adalah kewajiban untuk menambah nilai angka kredit guna naik pangkat (jafung). Sedangkan, bagi Mahasiswa (umumnya S2 & S3) biasanya merupakan salah satu syarat wajib untuk menyelesaikan studi (Tesis or Disertasi) pada perguruan tinggi. “Jadi intinya terindeks scopus merupakan ‘bonus’ yang mampu mengangkat rekam jejak kita dalam menulis, terutama pada saat kita ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi luar negeri yang kredibel”(Hanung Nindito Prasetyo). Artinya, tidak terlepas juga bagi Dosen-dosen dan Mahasiswa Pendidikan Jasmani & Olahraga di Indonesia untuk melakukan publikasi ilmiah yang terindeks Scopus.

Apa itu Scopus ?? “Scopus adalah basis data abstrak dan kutipan literatur peer-review terbesar: jurnal ilmiah, buku, dan proses konferensi. Memberikan gambaran komprehensif tentang hasil penelitian dunia dalam bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, dan seni dan humaniora, Scopus menampilkan alat-alat pintar untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian. Scopus menawarkan fitur gratis untuk pengguna yang tidak berlangganan dan tersedia melalui Scopus Preview. Para peneliti dapat menggunakan Scopus untuk membantu penelitian mereka, seperti mencari penulis, dan mempelajari lebih lanjut tentang cakupan konten Scopus dan metrik sumber”(service.elsevier.com)

https://images.app.goo.gl/Wr8JjQn4ygZR8kp49
Dimiliki oleh Elsevier, salah satu penerbit utama dunia, Scopus adalah sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini (Msb_az). Scopus adalah pangkalan data pustaka yang mengandung abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik. Scopus mengandung kurang lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit, 20.000 di antaranya merupakan jurnal tertelaah sejawat di bidang sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial (termasuk kesenian dan humaniora). Pencarian di Scopus juga mencakup pencarian pangkalan data paten(id.wikipedia.org)

Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya adalah data publikasi, abstrak, referensi, dll (Msb_az).

Jadi, bagi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Olahraga yang telah memiliki jurnal atau artikel ilmiah dan ingin mempublikasikannya agar terindeks Scopus maka wajib mengirim jurnal tersebut ke Scopus melalui website scimagojr.com. SCImago Journal & Country Rank (SJR) adalah portal yang tersedia untuk umum yang mencakup jurnal dan indikator ilmiah negara yang dikembangkan dari informasi yang terkandung dalam basis data Scopus® (Elsevier B.V.) (Perdomo Fernández and Gámez Columbié). lihat gambar tampilan scimagojr.com di bawah ini:

https://www.scimagojr.com/
Melalui scimagojr.com kita akan diarahkan ke pengelola jurnal bidang-bidang ilmiah yang terindeks dalam Scopus, salah satunya jurnal bidang ilmiah pendidikan jasmani dan olahraga. Pada umumnya, untuk mendapatkan jurnal bidang ilmiah pendidikan jasmani dan olahraga di scimagojr.com, baik itu jurnal open access maupun yang bukan open access dengan mudah, kita tinggal mencari Journal Rankings di menu Home, langkah selanjutnya mengetikkan 'SPORTS SCIENCE' di All Subject Categories dan secara otomatis jurnal-jurnal yang berkaitan tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga akan muncul dari berbagai negara-negara di dunia yang lengkap dengan informasi seperti; jurnal H-index tertinggi sampai yang terendah, peringkat jurnal yang ditandai dengan simbol Q1, Q2, Q3 dan Q4. Lebih jelasnya lihat gambar SJR dibawah ini :

https://www.scimagojr.com/journalrank.php?category=3699&openaccess=true
Kemudian silahkan pilih jurnal sesuai keinganan anda. Sebelum ke portal jurnal yang dituju ada baiknya kita membaca SCOPE dari jurnal tersebut agar lebih meyakinkan bahwa jurnal yang kita tuju itu benar sesuai dengan bidang keilmuaan kita. Selanjutnya klik HOMEPAGE dan sim salabim.. anda sudah masuk ke salah satu portal jurnal pendidikan jasmani dan olahraga yang terindeks Scopus. Jangan lupa sebelum mengaploud (submit) jurnal anda, cek nomor ISSN journal tersebut, dan samakan dengan nomor ISSN di scimagojr.com (di page sebelumnya). Lebih jelasnya, perhatikan bagian yang diwarnai (kuning) pada gambar dibawah ini:

https://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=19900191849&tip=sid&clean=0
Berikut salah satu contoh Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga yang terindeks Scopus:

https://efsupit.ro/
Sebenarnya banyak lagi cara untuk memastikan jurnal itu sesuai dengan ekspektasi kita, tapi tidak akan dibahas kali ini, karena untuk saat ini pengetahuan penulis hanya sampai disitu... heheee. Dan sementara penulis masih terus belajar agar jurnal ilmiah juga bisa “tembus Scopus” heheeee.. btw Demikianlah yang dapat saya share pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat bagi banyak orang dan bagi penulis sendiri. Semoga Pendidikan Jasmani dan Olahraga terus Jaya!! Terima kasih. 

Sumber:
  • Hanung Nindito Prasetyo. MAU TAHU JURNAL ANDA TERINDEKS SCOPUS ATAU TIDAK? - Hanung Nindito Prasetyo (HNP). 2015, https://hanungnp.staff.telkomuniversity.ac.id/mau-tahu-jurnal-anda-terindeks-scopus-atau-tidak/.
  • id.wikipedia.org. Scopus - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Scopus. Accessed 24 Dec. 2019.
  • Msb_az. Apa Itu Scopus? | PTI UMSURABAYA. 2016, http://pti.um-surabaya.ac.id/node/986.
  • Perdomo Fernández, Yuniel, and Arianna Gámez Columbié. SJR - About Us. 2012, https://www.scimagojr.com/aboutus.php.
  • service.elsevier.com. What Is Scopus Preview? - Scopus: Access and Use Support Center. https://service.elsevier.com/app/answers/detail/a_id/15534/supporthub/scopus/#tips. Accessed 24 Dec. 2019.


No comments:

Post a Comment

MOTOR LEARNING

MOTOR LEARNING 🎯Olahraga dalam pendidikan merupakan kegiatan belajar yang dapat menghasilkan kemampuan, keterampilan, atau keahlian gerak d...

OnClickAntiAd-Block