Sunday 28 May 2017

GERAK LOKOMOTOR, GERAK NON LOKOMOTOR, GERAK MANIPULATIF

GERAK LOKOMOTOR, GERAK NON-LOKOMOTOR, GERAK MANIPULATIF

Gerak dasar fundamental (fundamental basic movement) menurut Harrow (1972) adalah pola gerak yang inheren yang membentuk dasar-dasar untuk keterampilan gerak yang kompleks, yang meliputi (1) Gerak Lokomotor; (2) Gerak Non-Lokomotor; dan (3) Gerak Manipulatif.


1. GERAK LOKOMOTOR (Locomotor Skills)

Gerak Lokomotor adalah gerakan berpindah tempat, dimana bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai keterampilan berpindahnya individu dari satu tempat ke tempat yang lain. Sebagian besar keterampilan lokomotor berkembang dari hasil dari tingkat kematangan tertentu, namun latihan dan pengalaman juga penting untuk mencapai kecakapan yang matang.

Keterampilan lokomotor misalnya berlari cepat, mencongklang, meluncur, dan melompat lebih sulit dilakukan karena merupakan kombinasi dari pola-pola gerak dasar yang lain. Keterampilan lokomotor membentuk dasar atau landasan koordinasi gerak kasar (gross skill) dan melibatkan gerak otot besar.

Gerakan-gerakan lokomotor adalah gerakan-gerakan yang pergi ke mana saja. Para ahli mendefinisikan gerakan lokomotor sebagai gerakan-gerakan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat atau mengembara dalam berbagai ruang, sehingga dalam bahasa Inggris disebut juga Traveling. Ini tentunya merupakan kebalikan dari gerakan non-lokomotor, yang tidak menyebabkan tubuh berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina.

2. GERAK NON-LOKOMOTOR (Non-Locomotor Skills)

Gerakan non-lokomotor dapat diartikan juga sebagai keterampilan stabil, gerakan yang dilakukan tanpa atau hanya sedikit sekali bergerak dari daerah tumpuannya.  Dapat juga didefinisikan sebagai gerakan-gerakan yang dilakukan dengan gerakan yang memerlukan dasar-dasar penyangga yang minimal atau tidak memerlukan penyangga sama sekali atau gerak tidak berpindah tempat. Gerakan stabilisasi (non-lokomotor) termasuk didalamnya, seperti : Stretching dan Bending, Twisting dan Turning, Swinging dan Swaying, Pushing dan Pulling .

3. GERAK MANIPULATIF

Gerak manipulatif melibatkan tindakan mengontrol suatu objek khususnya dengan tangan dan kaki. Ada dua klasifikasi keterampilan dari gerak manipulatif, yaitu reseptif dan propulsif. Keterampilan reseptif adalah menerima suatu objek seperti menangkap dan keterampilan propulsif memiliki ciri pengerahan gaya atau kekuatan terhadap suatu objek, seperti memukul, melempar, memantul atau menendang.

Walaupun sebagian besar keterampilan manipulatif menggunakan tangan dan kaki, tetapi bagian-bagian tubuh yang lain juga dapat digunakan. Manipulasi terhadap objek tertentu mengarah pada koordinasi mata-tangan dan mata-kaki yang lebih baik, terutama penting untuk gerakan-gerakan yang mengikuti jalan atau alur (tracking) pada tempat terentu.

Keterampilan manipulatif merupakan dasar-dasar dari berbagai keterampilan permainan (game skill). Gerakan yang memerlukan tenaga, seperti melempar, memukul, dan menendang dan gerakan menerima objek, seperti menangkap merupakan keterampilan yang penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan berbagai jenis bola. Gerakan melambungkan atau mengarahkan objek yang melayang, seperti bola voli merupakan bentuk keterampilan manipulatif lain yang sangat penting. Kontrol terhadap suatu objek yang dilakukan secara terus menerus, seperti menggunakan tongkat atau simpai juga merupakan aktivitas manipulatif.

Macam Gerak dasar fundamental (fundamental basic movement)

Gerak Dasar Fundamental

Lokomotor

Non Lokomotor

Manipulatif

berjalan
berlari
meloncat
melompat
melayang
meluncur
berjingkrak
memanjat

membungkuk
meregang
memutar
mengayun
handstand
memutar tubuh
mendarat
berhenti
mengelak
keseimbangan


melempar
menangkap
menendang
menjerat/menjebak
menyerang
memvoli
melambung
memelanting
bergulir
menggelinding
menyepak


Sumber;
  • Abdulkadir Ateng, 1993. Pendidikan Olahraga. Jakarta: IKIP  Jakarta.
  • Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra. 1999. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Pendas Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III
Melompat merupakan Locomotor Skil

#pendidikanjasmani #pendidikanolahraga

18 comments:

  1. Anak saya jadi tidak di remedial saat pelajaran PJOK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu

      Delete
    2. Gerakan mengotrol objek khusus-nya dengan menggunakan bagian tubuh........

      Delete
  2. Alhamdulillah. Besar kemungkinan ia hoby olahraga dan menjadi pondasi dukungan jika ia benar benar aktif atau diunggulkan pada suatu cabor,dan itu juga menjadi salah satu faktor pendukung ia pada saat pemberian niai terhadap anak tersebut.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilah anak saya suka dengan kiriman mas

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu sekali.terima kasih

    ReplyDelete
  5. Terimakasih saya jadi suka olahraga mulai dari sekarang

    ReplyDelete
  6. Tolong Bantu jawab gabungan dua gerakan lokomotor di sebut .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabungan antara gerak lokomotor dan nonlokomotor adalah Gerak Manipulatif.

      semoga membantu.

      Delete
  7. Makasih teman-teman atas komentarnya, smoga bermanfaat tuk kita semua

    ReplyDelete
  8. 633DOMINO | AGENPOKER | CAPSA SUSUN | GAME ADU-Q | BANDAR-Q | | BANDAR POKER | | SAKONG ONLINE | | DOMINO |

    633DOMINO situs poker domino dengan kartu yang sangat berkualitas ! Di jamin banyak menangnya dan juga banyak bonusnya �� Daftar & Dapatkan kemenangan besarnya sekarang juga bosku ^^

    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker online / domino online

    POKER ONLINE
    DOMINO99
    ADUQ
    BANDARQ
    BANDAR POKER
    BANDAR66
    CAPSA SUSUN
    SAKONG ONLINE
    NEW GAME (PERANG BACCARAT)

    Info Pendaftaran Hubungi kami
    - LiveChat : WWW.BANDAR633.COM (Online 24jam)
    - WA : +62 813-2548-7133
    - LINE : 633domino
    -IG : 633dominoqq

    >>> DAFTAR SEKARANG <<<

    LINK ALTERNATIF : WWW.BANDAR633.COM

    Mau Jadi Bandar Disini Tempatnya !

    ReplyDelete

11 PRINSIP LATIHAN OLAHRAGA

💥 💥 💥    11 PRINSIP LATIHAN OLAHRAGA    💥 💥 💥 A. Latihan💫 🏃 Training is a process by which an athlete is prepared for the highest ...

OnClickAntiAd-Block